pengertian LBS (location based service)

                                                 
LBS (Location Based Service) adalah salah satu nilai tambah dari layanan selular GSM (Global System For Mobile Communication). LBS bukanlah sistem, akan tetapi merupakan layanan yang menggunakan sistem tambahan penunjang sistem GSM. Sehingga bisa saja ada beberapa opsi sistem yang dapat mengirim layanan LBS dengan teknologi yang bervariasi. Tetapi pada dasarnya, sistem-sistem tersebut menggunakan prinsip dasar yang sama, yaitu: Triangulasi (triangulation). Jadi, prinsipnya tidak jauh beda dengan sistem GPS, hanya saja fungsi satelit digantikan oleh BTS (Base Transceiver Station). (Riyanto, 2010 h21).

1.    Arsitektur LBS

Pada zaman sekarang banyak perusahaan ataupun industri telekomunikasi yang menyatukan sebuah layanan geoinformasi dengan teknologi perangkat bergerak dalam bentuk LBS. LBS dapat didefinisikan sebagai utilitas layanan yang secara dinamis mampu membedakan dan mentransmisikan posisi seseorang dalam jaringan mobile network. Dengan menyediakan layanan informasi khusus dan relevan berupa posisi saat ini pada pengguna. Sebuah konsorsium OGC (Open Geospatial Consortium), 2003 mendefinisikan LBS sebagai layanan wireless-IP (Internet Protocol) tentang penggunaan informasi geografis untuk melayani pengguna, perangkat bergerak atau layanan aplikasi yang mengeksploitasi posisi dari terminal mobile. (Riyanto, 2010 h23).

2.    Kelebihan Dan Kelemahan LBS

Kelebihan LBS, layanan LBS tetap berfungsi walaupun pengguna berada di dalam gedung dan pengaruh medan elektromagnetik lain yang tidak terlalu besar. Sedangkan, kekurangan LBS adalah jangkauan area sangat bergantung pada jangkauan jaringan selular. (Riyanto, 2010 h24).

2.2.6 GPS (Global Positioning System)

GPS (Global Positioning System) adalah suatu sistem radio navigasi penentuan posisi menggunakan satelit. GPS dapat memberikan posisi suatu objek di muka bumi, dengan akurat dan cepat  (koordinat 3 dimensi x, y, z) dan memberikan informasi waktu serta kecepatan bergerak secara kontinyu di seluruh dunia.
Pada awalnya, ada 24 satelit MOE (Medium Earth Orbit) yang digunakan untuk membantu melacak posisi, dengan membagi wilayah bumi menjadi tiga bagian yang masing-masing diisi oleh 8 satelit. Dalam perkembanganya, bumi dibagi menjadi 6 bagian dengan 4 satelit melayani per wilayah. Karena mengorbit di MOE (ketinggian rata-rata dari permukaan bumi sekitar 20.000 km), maka posisi orbit satelit kadang berubah (bandingkan dengan GEO (Geosynchronous Orbit) stationer yang berada di 36.000 km). (Riyanto, 2010 h4).
Penentuan posisi dengan GPS dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1.      Ketelitian data terkait dengan tipe data yang digunakan, kualitas penerima GPS, level dari kesalahan.
2.      Geometri satelit, terkait dengan jumlah satelit yang diamati, lokasi dan distribusi satelit dan lama pengamatan.
3.      Metode penentuan posisi, terkait dengan metode penentuan posisi GPS yang digunakan, apakah absolut, relative, DGPS (Differental Global Positioning System) dan lain-lain.

4.      Strategi pemprosesan data, terkait dengan real-time atau post processing, strategi eliminasi dan pengoreksian kesalahan dan bias, pemprosesan baseline dan peralatan jaringan serta control kualitas. (Riyanto, 2010 h15).

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "pengertian LBS (location based service)"

  1. Pengertian Lbs (Location Based Service) - Solusi Komputer >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Lbs (Location Based Service) - Solusi Komputer >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Lbs (Location Based Service) - Solusi Komputer >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Wu

    ReplyDelete