pengertian koordinat geografi

                                                                
Sistem koordinat geografi digunakan untuk menunjukkan suatu titik di Bumi berdasarkan garis khayal, yaitu garis khayal lintang (latitude) dan garis khayal bujur (longitude), gambar 2.2 pembagian garis lintang (Latitude) dan garis bujur (Longitude).
Gambar 2. 2 Gambar Pembagian Garis Lintang Dan Garis Bujur (www.Sabhawana.org/archives/839).

1.    Garis Lintang (North Latitude, South Latitude)

Dalam geografi, garis lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di bumi terhadap garis khatulistiwa (utara atau selatan) Posis lintang   merupaka penghitunga sudut   dari   0°   di khatulistiwa  sampai +90°  di  kutub  utara  dan  -90°  di  kutub  selatan. Lintang  di  sebelah  utara  khatulistiwa  diberi  nama  lintang  utara  (LU), lintang di sebelah selatan khatulistiwa diberi nama lintang selatan (LS). Lintang utara dan lintang selatan menyatakan besarnya sudut antara posisi lintang dengan garis khatulistiwa, garis khatulistiwa sendiri adalah lintang 0 derajat.

2.    Garis Bujur (East Longitude, West Longitude)

Garis Bujur menggambarkan lokasi sebuah tempat di timur atau barat Bumi dari sebuah garis utara-selatan yang disebut meridian utama. Longitude diberikan berdasarkan pengukuran sudut yang berkisar dari di meridian utama ke +18 arah timur dan 180° arah barat. Tidak seperti lintang yang memiliki ekuator sebagai posisi awal alami, tidak ada posisi awal alami untuk bujur. Pada 1884, konferensi meridian internasional mengadopsi meridian greenwich sebagai meridian utama universal atau titik nol bujur. (Sabhawana, 2012).
Garis bujur di sebelah barat meridian diberi nama bujur barat (BB), demikian pula bujur di sebelah timur meridian diberi nama bujur timur (BT). Bujur barat dan bujur timur merupakan garis khayal yang menghubungkan titik kutub utara dengan kutub selatan bumi dan menyatakan besarnya sudut antara posisi bujur dengan garis meridian. Garis meridian sendiri adalah bujur 0 derajat, garis lintang yaitgaris vertikal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan garis katulistiwa. Titik di utara garis katulistiwa dinamakan lintang utara sedangkan titik di selatan katulistiwa dinamakan lintang selatan.

Garis bujur yaitu horizontal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan titik nol di bumi, yaitu greenwich di London Britania Raya yang merupakan titik bujur 0 derajat atau 360 derajat yang diterima secara internasional. Titik di barat bujur 0 derajat dinamakan bujur barat sedangkan titik di timur 0 derajat dinamakan bujur timur. Suatu titik di bumi dapat dideskripsikan dengan menggabungkan kedua pengukuran tersebut. (Sabhawana.org/archives/839).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "pengertian koordinat geografi"

Post a Comment