pengertian basis data

                                        
Menurut Martin, James (1975), Basis data ialah "a database may be defined as a collection of interrelated data stored together without harmful or unnecessary redundancy to serve one or more applications in an optimal fashion; the data are stored so that they are independent of programs with use the data; a common and controlled approach its used in adding new data and in modifying and retrieving existing data within the database"  yang artinya : "database dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari data yang saling berhubungan disimpan secara bersama tanpa redundansi berbahaya atau tidak perlu untuk melayani satu atau lebih aplikasi secara optimal, data disimpan sehingga mereka independen dari program dengan menggunakan data; umum dan dikendalikan pendekatan yang digunakan dalam menambahkan data baru dan dalam memodifikasi dan mengambil data yang ada dalam database". (Sutanta, Edhy h17).
Basis data menurut Fathansyah (2012), ialah basis data terdiri dari 2 kata basis dan data. Basis kurang lebih dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang/berkumpul. Sedangkan data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya, yang diwujudkan dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya.
Sebagai satu kesatuan istilah, basis data (database) sendiri dapat didefinisikan dalam sejumlah sudut pandang seperti :
1.      Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.
2.      Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

3.      Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik. (Fathansyah, 2012 h2 dan 3).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "pengertian basis data"

Post a Comment